Arknights

Review

Hello, ini adalah artikel official pertama buat nekoroid.com. Disini gue akan mereview salah satu game mobile yang judulnya Arknights.

Review ini juga diambil dari sudut padang casual gamer. Artinya, ini game gue mainin buat ngisi waktu luang atau emang pas lagi magabut aja. Intinya sih, ga terlalu serius macem gamer mobile yang sampe ada acara waifu-waifuan atau apalah. Just relax and waste all of your sanity point for that goddamn 2-7 mission...

Gue termasuk salah satu orang yang mulai mainin ini game bukan pas diawal-awal, karena ngehype di FB, akhirnya jadi penasaran dan main dah.

Kesan pertama gue waktu download dan mulai mainin ini game adalah:
"Developerr ar being cheap ass". :D

Karakter in Game dengan asset 2D.

Ya gimana nggak, kalo ngeliat ingame character nya buat balik arah itu cuma di-flip sama programmernya. Biasanya buat ingame character 2D, akan dibuat delapan arah hadapan karakter. Tapi ini cuma di-flip doang.

Yang ini bakal menjurus ke masalah rating dari para pemain ngehe yang taunya game 3D doang. Dari dulu ini udah jadi masalah sejak jaman PS1 dimana gamer-gamer baru ini mengagung-agungkan model 3D. Well, ga salah sih, karena mereka emang generasi yang kenal game bukan dari jaman 8 bit juga.

GUI di game ini juga agak sedikit bermasalah, karena antara tombol yang bisa ditap atau interaksi dengan user nyaris kelihatan blending dengan background nya. Jadi ini harus dibiasain dulu, kalo nggak bakal bingung. Apalagi menunya yang banyak banget (yang sampe sekarang aja gue ada beberapa menu yang belom paham ini gunanya buat apaan sih).

Contoh GUI didalam game nya.

Tapi ya apa emang segitu jeleknya ini game?

Terus terang, nggak kok.

Game ini bisa dibilang agak mendingan dari sisi gameplay kalo dibandingkang dengan Ragnarok Tactic.

Antara Arknights dan Ragnarok Tactic ada satu kesamaan, ini game strategi. Meski Arknights bisa dibilang game Tower of Defense, tapi elemen strateginya bener-bener kental banget.

Kalian akan dipaksa mikir gimana caranya nge-Defense base kalian dengan cara memilih Operator [karakter yang jadi unit perang kalian] yang tepat, mengatur arah hadapan Operator, dan memposisikan titik Deployment [penempatan karakter] pada blok/grid yang benar agar musuh ga akan bisa nge-rush dan nembus pertahanan kalian.

Kenapa Arknights gue bilang mendingan?

Karena ada point dimana gue udah mulai stuck ga bisa ngelewatin stage [mission kalo dalam Arknighs], tapi ga dipaksa grinding kelewat panjang. Well, seenggaknya belom sih...

Sedangkan kalo di Ragnarok Tactic, asli gue kudu grinding buat tembusin stage. Dan ini kerasa banget.

Sementara, di Arknights, ketimbang grinding level, gue lebih sibuk mikirin gimana caranya biar dapet clear bintang 3. Ya emang pada akhirnya grinding juga, tapi dikepala gue ini lebih fokus gimana caranya tembusin ini Mission tanpa harus kebobolan musuh.

Sumpah, Sanity point gue habis cuma buat nyoba gimana caranya Defense stage 2-7 dengan karakter dan level yang ada saat ini tanpa harus grinding kelewat lama. Dan gobloknya, gue baru nyadar kalo ada pilihan practice biar ga ngurangin Sanity point, padahal tombolnya bersebelahan, asli goblok banget gue, ahahahahaha... XD

Yang buat gue pribadi ini lebih menyenangkan, karena gue selalu mikir pasti ada caranya. Bukan mikir, grinding level dulu biar tembus.

Karena ini adalah mobile game, alias game HP, otomatis ada gacha. Nah apa yang digacha di game ini?

Karakter.

Gacha-Gacha-Gacha-Pon !

Ga dapet *5, ampaaaazzzz.... -_-a

Sama kayak Seven Knights, GBF dan game game lainnya, kalian menggacha karakter buat jadi koleksi daftar Operator kalian. karena Operator di game ini mayoritas cewe [sejauh ini], maka yang demen waifu-waifuan mungkin bakalan cocok dengan game ini.

Gue mikir, seharusnya Arknights bisa sedikit lebih bagus lagi kalo panel gambar Operatornya ada animasi atau ekspresi gitu. Sayangnya nggak begitu, dialog selalu pakai asset yang sama, ga peduli lagi disituasi yang bervariasi. Lagi kritis atau lagi nyantai, semua pake panel gambar yang sama. [Makanya ini tadi gue bilang Developers being cheap ass].

Dialog dalam kondisi apapun selalu pakai panel karakter yang sama.

Tapi ini bukan berarti ga bisa di improve, berkaca dari game Seven Knights yang developernya memutuskan buat re design karakter Seven Knight mereka, bisa jadi Arknight juga akan mengambil langkah ini. Kita lihat aja perkembangannya nanti.

Sekarang kita bicara mengenai grade dari karakter Arknights.

Desain role dan kegunaan karakter di game ini bisa dibilang bagus. Karena meski rata-rata orang berlomba-lomba menggacha agar dapat karakter/Operator bintang 5 ataupun 6, pada kenyataaannya karakter bintang 3 dan 4 masih sangat berguna.

Ini semua dikarenakan sistem gameplay yang menggunakan Deployment Point.

Operator bintang 6 memang punya banyak kelebihan dan cenderung lebih kuat. Tapi disaat yang sama, untuk menerjunkan Operator ini ke map membutuhkan DP [Deployment Point] yang sangat besar. Akan lebih besar lagi kalau karakter ini tipe AOE Caster. Karena Caster AOE bintang 3 macam Lava saja sudah butuh 28 DP.

Yang otomatis ini mengurangi status obsolete dari Operator-Operator common [bintang 5 kebawah]. Kalian tetap membutuhkan Operator ini sebagai pembukaan pada game kalian.

Kelebihan lain yang gue demen dari game ini adalah, ukuran filenya ga terlalu besar. Jadi download bisa selesai lebih cepat. Bukan cuma itu aja, kalian bisa bind account kalian menggunakan Yostar account. Jadi kalo kalian ganti HP pun ga usah login dengan GooglePlayGames atau Facebook. Jadi account Google dan FB kalian bersih.

Oh satu lagi fitur bagus dari Arknights: Game ini menyediakan shortcut ke banyak area.

Maksudnya begini, misalkan kalian mau masuk ke menu Combat, kalian men tap tombol Combat, Episode, daftar Episode, kemudian men tap tombol start. Dari sini, kalau kalian berubah pikiran dan ingin kembali ke menu awal maka kalian harus men tap tombol back beberapa kali sampai kembali ke menu awal.

Dengan shortcut, kalian cukup mentap tombol bergambar rumah dan memilih Home. Atau langsung pindah ke menu lain yang kalian mau.

Fitur ini benar-benar menghemat waktu kalian.

Shortcut ke banyak area.

Oh gue baru inget satu lagi, game ini mungkin ga cocok buat kalian yang tipikal AUTO.

Arknights ada banyak dialog panjang, buat yang ga peduli cerita memang bisa kalian skip sih. Tapi kalo kalian pengen tahu ceritanya, ini kadang suka bikin masalah kalo game ini dimaenin pas lagi kerja, hahahaha...

Fitur Auto sendiri juga baru unlock kalau kalian berhasil membasmi musuh kalian tanpa membiarkan satupun masuk ke base kalian. Dan meski kalian berhasil, ada kalanya karena beberapa sifat random di game ini membuat Auto Deploy suka error. Biasanya ini terjadi pada keadaan musuh sedang rush besar-besaran dan mereka ga langsung mati pas diblock Operator kalian. Atau pas musuh nyaris masuk ke base dan terbunuh oleh serangan Range, kadang timingnya tidak sama sehingga saat Auto Deploy, serangan Range menjadi telat dan musuh keburu masuk ke base.

Juga, sampai saat ini masih belum ada fitur semacam Clan/Guild war di Arknights. Jadi gue penasaran, gimana developernya bakalan menyikapi hal ini.


Nah, gue rasa sampe disini review gue. Udah kepanjangan dan belom tentu kalian baca juga sampe di paragraf ini kan? XD

Kalo kalian penasaran, coba aja mainin, game ini udah ada di GooglePlayStore, dan filenya ga terlalu gede juga kok.